Penyebab Ayam Aduan Lumpuh

Penyebab Ayam Aduan Lumpuh dan Cara Menyembuhkannya

sabung ayam online – Banyak para pencinta ayam aduan atau para botoh mengeluh bahwa ayam aduannya tidak bisa berdiri secara tiba tiba. Banyak juga para botoh pemula tidak tahu penyebab ayam aduan lumpuh atau tidak bisa berdiri secara tiba tiba.

Penyebab ayam aduan lumpuh di karenakan cacat kaki, pincang sehingga sampai lumpuh membuat ayam kesulitan berdiri atau pun berjalan dan ada kemungkinan ayam aduan mengalami kelumpuhan permanen.

Ada banyak penyebab ayam aduan lumpuh namun harus mencari terlebih dahulu penyebab yang sebenarnya membuat ayam aduan menjadi lumpuh agar saat memberi obat bisa sesuai dan cocok. Apabila salah dalam memberi obat akan membuat ayam aduan semakin memburuk.

Akan tetapi penyebab ayam aduan lumpuh yang paling sering terjadi saat selesai ayam aduan di adu. Ayam aduan tiba tiba lemas, nafsu makan menurun, kaki pincang dan sulit untuk berjalan.

Penyebab ayam aduan lumpuh bisa di akibatkan sebagai berikut :

1. Penyakit

Penyebab ayam aduan lumpuh biasa di karena kan penyakit. Penyakit ayam yang sering menyebabkan kelumpuhan salah satunya tetelo (ND). Ayam yang sudah terkena lumpuh atau tetelo biasa ayam akan mati. Tetapi apabila ayam sudah di vaksin atau daya tahan tubuhnya cukup kuat biasanya ayam yang akan terkena lumpuh akan terlihat celeng. Untuk penyakit tetelo ini belum ada obat untuk menyembuhkan penyakit ini karena penyakit ini menyerang saraf dan sistem pernapasan. Penyakit lain seperti cacar akut, marek dan komplikasi CRD (sudah termasuk penyakit yang parah).

2. Terkilir

Ayam aduan yang terkilir mempunyai gejala awan yang tentu saja pincang dan lama lami tidak bisa berjalan. Untuk mengetahui daerah yang sakit coba raba kaki ayam aduan dari jari sampai pangkal paha. Daerah yang sakit akan terasa lebih panas di banding daerah yang baik baik saja. Obati terkilir pada ayam aduan dengan cara mengoleskan balsem atau arak. Bisa juga gunakan thromnopop. Biasanya para botoh atau para pencinta ayam akan mencabuti bulu atau mencukur bulu ayam aduan di daerah yang sedang sakit terkilir.

3. Luka

Mungkin luka adalah hal yang paling mudah di cari sumber penyebabnya. penyebab ayam aduan lumpuh di karenakan luka bisa di akibatkan dari bubul di telapak kaki atau pada lutut (bubul gantung). Luka yang di sebabkan bubul bisa di sembuhkan namun harus rajin dalam mengobatinya.

4. Kurang Vitamin

Kekurangan vitamin bisa menjadi penyebab ayam aduan lumpuh bahkan lebih rentan untuk ayam muda. Solusinya dengan memberikan kalsium dan zat besi pada ayam aduan.

Jadi pastikan terlebih dahulu penyebab ayam aduan lumpuh baru bisa tentukan obat apa yang sesuai untuk penyembuhan penyakit kelumpuhan pada ayam aduan tersebut.

Wahanabet merupakan Agen Sabung Ayam Online dan kami siap membantu para penghobi ayam aduan untuk pembuatan account, deposit bahkan withdraw hasil kemenangan anda selama 24 Jam penuh melalui Live Chat, BBM, Whatsapp, Line, WeChat dan juga Yahoo Messenger. Baca berita lebih lengkap mengenai sabung ayam di beritasabungayam.top.